Minggu, 06 Januari 2008

Pengalaman siaran di Kidz Radio

Aku punya seorang tante yang kuliah di UNS jurusan Komunikasi Massa. Waktu semester akhir dia membuat skripsi dengan tema “pengaruh program2 penyiaran di Kidz FM bagi anak2”. Sehingga dia sering ke Surabaya untuk merampungkan skripsinya. Dan dia juga sering mengajak aku ke Kidz karena aku masih kecil waktu itu (kelas 3 SD). Setiap minggu aku diajak ke sana.
Pertama kali ke sana aku liat2 kantor Kidz Fm sendiri karena tanteku lagi diskusi sama mbak Lia n Carla. Akhirnya ada kak Yona yang lagi siaran. Aku masuk ke ruang siaran n mainan mobil2an karena ada banyak mainan di sana. Akhirnya pada jeda siaran kak Yona tanya2 aku. Namanya siapa, sama sapa kesini, ngapain, n dll. Aku jawab namaku Ian kelas 3, kesini sama tante Yeni. Kak Yona emang udah kenal sama tanteku. Akhirnya dia nawarin aku buat siaran. Aku terima tawaran itu.
Pada awal pertamanya aku gak banyak omong soalnya bingung mau ngomong apa. Akhirnya saat siaran aku dikenalin ke pendengar oleh kak Yona. Dan pada saat lagu di putar, aku diberitahu saat siaran kita harus banyak ngomong n nerima telepon dengan baik.
Pada sesi berikutnya, aku di bri tugas buat nerima telepon sendiri tanpa bantuan kak Yona. Awalnya aku berpikir nih orang kurang ajar banget. Tapi setelah aku nanya identitas sang penelpon, aku pun ngobrol dengan sang penelpon. Setelah 5 menitan, akhirnya aku mengakhiri perbincangan karena kak Bimbi (operator) sudah memberi isyarat untuk memutarkan lagu. Dan kak Bimbi memutar lagu yang di request tadi. Pada saat pemutaran lagu, kak Yona memberi selamat karena aku berhasil nglakuin semuanya.
Setelah 6 minggu berlalu, tanteku sudah selesai mendapat bahan untuk skripsi nya. Dan dia kembali ke solo untuk menyempurnakan skripsinya. Dengan selesainya skripsi itu, aku juga harus mengakhiri “pekerjaan” tsb. Sedih juga sih sebenarnya. Tapi pihak Kidz membolehkan aku datang kapan saja. Dan mereka berjanji kalau aku sudah “lancar” siaran, aku akan di duetkan sama freysa. Freysa itu penyiar cilik yang dikenal oleh pendengar Kidz fm.
Sayang, semenjak itu aku jarang maen kesana karena waktu itu rumahku masih di Benjeng. Dan saat aku kesana tahun 2003, Kidz Fm sudah tiada karena udah pindah ke Bandung. Dan alasan perpindahan dari Surabaya ke Bandung adalah masalah finansial.
Hingga saat ini aku juga pengen jadi penyiar, tapi itu bukan menjadi pekerjaaan sampingan. Kalo pekerjaan utama se aku pengen jadi dokter ato wartawan. Kalo beneran jadi penyiar, aku bakal kerja di EBS Fm “the teenage spirit station” ato di ISTARA “number #1 hit music station”.
Doakan ya biar aku bisa menggapai cita2ku. Amien...3x. N jangan lupa buat dengerin EBS hard 40 “the real chart show in Surabaya compil EBS Fm by request kanca Muda” tiap hari sabtu jam 4-6 sore

Tidak ada komentar: